3 Tipe Kepemimpinan Kepala Desa Yang Perlu Anda Ketahui | Desa | Desa | Desa DESA MEMBANGUN INDONESIA
close
-->

Blog ini memuat review dan contoh format terbaru dan terlengkap mengenai administrasi desa, administrasi keuangan dan manajemen konstruksi. RAB, APBDes, RKPDesa, RPJMDesa, Desain Gambar, Surat Menyurat, Siskeudes, Software Akuntansi dan Manajemen Konstruksi Proyek (Accounting and Construction Project Management Software), SK Kepala Desa, Perdes, Perkades, Permendagri, Permendesa, Perka LKPP, PMK, Perpres, PP, UU, dan peraturan perundang-undangan lainnya. 2020, 2021, 2022

3 Tipe Kepemimpinan Kepala Desa Yang Perlu Anda Ketahui

Baca Juga




Bahan Referensi dan Format Administrasi Desa Bagi Pegiat Desa
[Sampul Buku 2 Kepemimpinan Desa]





Tipe kepemimpinan kepala Desa dibagi menjadi tiga tipe Kepemimpinan, yakni  Kepemimpinan regresif, Kepemimpinan konservatif-involutif dan Kepemimpinan inovatif-progresif.  

Kepemimpinan regresif dapat dimaknai sebagai  kepemimpinan yang berwatak otokratis, secara teori otokrasi berarti pemerintahan yang kekuasaan politiknya dipegang oleh satu orang. Salah satu cirinya adalah anti perubahan, terkait dengan perubahan tata kelola baru tentang Desa baik itu Musyarawah Desa, usaha ekonomi bersama Desa dan lain-lain sudah pasti akan ditolak. Desa yang parokhial (hidup bersama berdasarkan garis kekerabatan, agama, etnis atau yang lain) serta Desa-Desa  korporatis (tunduk  pada kebijakan dan regulasi negara) biasanya melahirkan kepemimpinan seperti ini. 

Baca Juga : RKP Desa Dan DU-RKP Desa : Apa Bedanya?

Kepemimpinan konservatif-involutif, merupakan model kepemimpinan ini ditandai dengan hadirnya kepala Desa yang bekerja apa adanya (taken for granted),  menikmati kekuasaan dan kekayaan, serta tidak berupaya melakukan inovasi (perubahan) yang mengarah pada demokratisasi dan kesejahteraan rakyat. Kepemimpinan tipe ini pada umumnya hanya melaksanakan arahan dari atas, melaksanakan fungsi kepala Desa secara tekstual sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) kepala Desa.   

Kepemimpinan inovatif-progresif,  kepemimpinan tipe ini ditandai dengan adanya kesadaran baru mengelola kekuasaan untuk kepentingan masyarakat banyak. Model kepemimpinan ini tidak anti terhadap perubahan, membuka seluas-luasnya ruang partisipasi masyarakat, transparan serta akuntabel. Dengan pola kepemimpinan yang demikian kepala Desa tersebut justru akan mendapatkan legitimasi yang lebih besar dari masyarakatnya. 

Aspek paling fundamental dalam menjalankan kepemimpinan Desa adalah Legitimasi, hal ini terkait erat dengan keabsahan, kepercayaan dan hak berkuasa. Legitimasi berkaitan dengan sikap masyarakat terhadap kewenangan. Kewenangan untuk memimpin, memerintah, serta menjadi wakil atau representasi dari masyarakatnya.


Itulah petikan kalimat dan paragraf dari BUKU 2 KEPEMIMPINAN DESA yang diterbitkan oleh Kemendesa PDTTBuku ini adalah buku yang dapat dibaca dan dihayati oleh para pendamping desa, pemerintah desa dan pihak-pihak terkait lainnya.

Karena itu, saya merekomendasikan buku tersebut untuk bahan bacaan dan referensi Anda. Silahkan didownload pada link dibawah ini :


1. Download ( Klik )



2. Download ( Klik )



3. Download ( Klik )



4. Download ( Klik )



5. Download ( Klik )



6. Download ( Klik )






Jika Ada Kendala atau Masukan, Silahkan disampaikan pada kolom komentar. Atau Anda dapat mengirim pesan ke Email: laodemuhamad.fiilmudawad@gmail.com 

Demikian ulasan mengenai 3 Tipe Kepemimpinan Kepala Desa Yang Perlu Anda Ketahui, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Terima kasih

Posting Komentar

Jadilah Orang Yang Pertama Memberikan Komentar Di Postingan Ini !!!

[facebook]

MKRdezign

y

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget